Informasi
merupakan salah satu sumber dasar yang ada bagi para manajer yang mempunyai
nilai, karena informasi akan memberikan sumber yang nyata dan akan lebih
berperan bila suatu perusahaan bertambah besar. Tugas manager adalah mengelola
sumber daya ini agar dapat digunakan dengan cara yang paling efektif. Manajer
menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.
Manajemen Informasi
sebagai sumber mempunyai pola yang sama, dimana tugas manajer pada
Manajemen Informasi
adalah sebagai berikut;
- Bertanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memproses
menjadi informasi yang dapat digunakkan
- Menentukan orang – orang dalam perusahaan supaya dapat menerima
informasi dengan bentuk yang tepat, pada saat yang tepat pula sehingga informasi
dapat digunakkan untuk mendukung proses manajemen
- Membuang informasi yang kuno, tidak lengkap dan salah serta
mengganti dengan informasi yang dapat digunakkan
Manajer
memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi
informasi yang berguna, kemudian manajer memastikan bahwa orang yang layak
dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat
yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan. Akhirnya manajer
membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi
yang terkini dan akurat. Seluruh aktivitas dalam memperoleh informasi,
menggunakannya seefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat disebut
Manajem Informasi.
PEMBAHASAN
Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan
Pentingnya
manajemen informasi dalam perusahaan disebabkan karena :
1. Pengaruh ekonomi internasional
2. Persaingan dunia
3. Batas waktu yang singkat
4. Kendala-kendala sosial
1. Pengaruh ekonomi internasional
2. Persaingan dunia
3. Batas waktu yang singkat
4. Kendala-kendala sosial
Meningkatnya kekompleksan tugas manajemen bisa
disebut akibat tuntutan pekerjaan yang terus bertambah dan terus menuntut untuk
jauh lebih baik. Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya sangat
tergantung pada kemampuan orang yang mengelola organisasi tersebut. Manajemen
sebagai suatu metode yang mengatur, mengelola organisasi dapat diartikan
sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang, jika manajemen suatu organisasi
baik, maka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara.
Keberadaan alat untuk memecahkan persoalan dalam perusahaan itu sangat
penting untuk memudahkan dalam pengerjaan pekerjaan. Untuk memudahkan pekerjaan
dibutuhkan alat seperti computer. Gagasan untuk menggunakan komputer sebagai
sistem manajemen informasi merupakan suatu terobosan besar, karena menyadari bahwa
para manajer membutuhkan informasi untuk pemecahan masalah.
Peranan manjer dalam pengelolaan manajemen
informasi
Sumber daya manajemen ada 2:
Sumber daya manajemen ada 2:
- Sumber daya fisik :
manusia,mesin,material,uang.
- Sumber daya konseptual : informasi(termasuk
data).
Peranan manajer mengelola
sumber daya ini agar dapat digunakan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari
peranan manajer maka perlu adanya usha penataan sumber daya termasuk didalamnya
manajemen informasi yakni berupa:
- Sumber
daya harus di susun sedemikian rupa sehingga setipa saat di perlukan dapat
segera dimanfaatkan dan perlu dilakukan modifikasi.
- sumber
daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.
- sumber
daya harus selalu diperbaharui.
Keterampilan
manajemen ada 2 : keahlian komputer dan keahlian informasi. Di jaman yang sudah
mengandalkan teknologi serba canggih ini,komputer adalah alat yang wajib bisa
di kuasai.karena hampir semua perusahaan menggunakan komputer untuk menjalankan
pekerjaan.manajer dan sistem informasi,sistem adalah sekelompok
elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan
tertentu,contoh:perusahaan manufaktur.setiap sistem memiliki batas-batas luar
yang memisahkannya dari lingkungannya.tidak semua sistem memiliki kombinasi
elemen sistem yang sama,namun secara umum bisa di gambarkan terdiri dari sumber
daya input(masukkan),proses transformasi dan sumberdaya output(keluaran).
Data dan informasi
Data dan informasi merupakan suatu sumberdaya yang utamasecara konseptual,yang keduanya pada umumnya merupakan hal yang saling berbeda.data terdiri dari fakta dan angka dari berbagai sumber dalam dunia nyata menyangkut entitas manusia,objek dan kejadian yang bisa bersifat kualitatif dan kuantitatif serta bersifat internal maupun eksternal.Informasi adalah data yang telah diolah sehingga punya arti bagi pemakai.Pengolah informasi mengubah data menjadi informasi dan merupakan salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual.
Komputer sebagai elemen dalam sistem informasi
Komputer adalah elemen yang penting dalam sistem informasi untuk mengubah data yang sudah ada menjadi informasi bagi manajer dan pemakai informasi yang lain.
Evolusi sistem informasi berbasis computer
·
Fokus
data (SIA/EDP)
Di dukung dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines ,dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya .Aplikasi yang di gunakan sistem informasi akuntansi (SIA).
Di dukung dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines ,dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya .Aplikasi yang di gunakan sistem informasi akuntansi (SIA).
·
Fokus
informasi (SIM)
Aplikasi komputer harus di terapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi.
Aplikasi komputer harus di terapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi.
·
Fokus
pada pendukung keputusan (SPK)
Sistem informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus di pecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus di buat oleh manajer.
Sistem informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus di pecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus di buat oleh manajer.
·
Fokus
pada komunikasi (otomatisasi kantor)
Difokuskan pada otomatisasi kantor ,memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas diantara para manajer dan pekerja melalui penggunaan alat-alat elektronik.
Difokuskan pada otomatisasi kantor ,memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas diantara para manajer dan pekerja melalui penggunaan alat-alat elektronik.
· Fokus konsultasi (sistem pakar)
Sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki
basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi
menyerupai seorang pakar dalam memcahkan masalah.
Upaya pencapaian sistem informasi berbasis
komputer
Sistem informasi berbasis komputer berkembang melalui tahapan-tahapan,analisis,rancangan,penerapan, dan penggunaan.Tahapan-tahapan tersebut dinamakan siklus hidup sistem dan dapat dilakukan oleh pemakai sendiri atau pemakai bekerja sama dengan spesialis informasi.
Sistem informasi berbasis komputer berkembang melalui tahapan-tahapan,analisis,rancangan,penerapan, dan penggunaan.Tahapan-tahapan tersebut dinamakan siklus hidup sistem dan dapat dilakukan oleh pemakai sendiri atau pemakai bekerja sama dengan spesialis informasi.
KESIMPULAN
Manajemen
informasi adalah suatu cara manajer dalam mengolah suatu informasi sehingga
informasi selalu terupdate, yaitu dengan cara membuang semua informasi lama dan
menggantinya dengan informasi terbaru secara selektif. Meningkatnya kekompleksan tugas manajemen bisa
disebut akibat tuntutan pekerjaan yang terus bertambah dan terus menuntut untuk
jauh lebih baik. Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya sangat
tergantung pada kemampuan orang yang mengelola organisasi tersebut. Manajemen
sebagai suatu metode yang mengatur, mengelola organisasi dapat diartikan
sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang, jika manajemen suatu organisasi
baik, maka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar