PENDAHULUAN
Komputer telah menjadi salah satu orang penemuan paling
menakjubkan dan bermanfaat yang pernah dibuat. Ia telah merevolusi cara orang
melakukan hal itu. Cara dia makan, minum, tidur dan bahkan berpikir. Dan
seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan tersebut yang kita lakukan
tidak bisa lepas dari komputer, hampir segala bidang menggunakan komputer. Baik
dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan
komputer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain. Fasilitas – fasilitas yang
disediakan komputer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa
saja dan bagaimana sebuah computer beroperasi? Pemrosesan komputer merupakan
dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah komputer bekerja dan apa saja yang
di perlukan sebuah komputer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user.
Dalam bahasan ini akan di jelaskan beberapa hal mengenai dasar - dasar
pemrosesan komputer.
PEMBAHASAN
Arsitektur
komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari
suatu sistem komputer. Arsitektur
komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari
kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem
interkoneksinya).
I.
ARSITEKTUR KOMPUTER
Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe
komponen yang sama, yaitu :
-
Prosesor
-
Memori
-
Penyimpanan
sekunder
-
Perangkat
Input
-
Perangkat
Output
Mesin
pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah
komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran bebrapa
millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen
elektronik yang lain.
Penyimpanan
Primer
Ukuran kapasitas penyimpanan primer :
Satuan
|
Ekivalen
|
Keterangan
|
Byte
|
8 bit
|
Untuk
menyimpan sebuah karakter pada sistem ASCII atau EBCDIC
|
Kilobyte
|
1024
byte
|
Awal PC
hanya memiliki memori 640 byte
|
Megabyte
|
1024 KB
|
Memori
PC pd saat ini berkisar antara 64 – 256 Megabyte
|
Gigabyte
|
1024 MB
|
Ukuran
hard disk yang digunakan berkisar antara 20 – 40 gigabyte
|
Terabyte
|
1024 GB
|
Database
yang sangat besar
|
Pentabyte
|
1024 TB
|
Penggunaan
di masa datang
|
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
·
RAM (Random Access Memory),
jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang
jika listrik padam.
·
ROM (Read Only Memory), jenis
penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara
permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
·
Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat
cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
B.
PERALATAN INPUT
1.
KEYBOARD
Unit input yang paling popular, dimana
pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.
2.
ALAT PENUNJUK
·
Mouse
·
Trackball
·
Touch Screen
·
Light Pen
·
Unit Remote Control
3.
ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
·
Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan
menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang
terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
·
Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus
yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
4.
ALAT INPUT PENGENAL SUARA
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
·
Mikropon
·
Automatic Speech Recognation (ASR)
·
Touchtone
5.
ALAT INPUT VIDEO
Video Camera recorder atau Camcoder
6.
ALAT INPUT PENERIMA GERAK
·
Headset
·
Glove
·
Walker
C.
PENYIMPANAN SEKUNDER
·
Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape
Cartridge
·
Hard Disk : Removable dan Non removable
·
Floppy Disk
·
Piringan Optik : CD, DVD
·
USB Flash Disk
·
Smart Card
·
Kartu memori
D.
PERALATAN OUTPUT
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Softcopy, terdiri dari dua jenis :
·
Monitor
: CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
·
Audio
2. Hardcopy, terdiri dari :
·
Printer
: Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
·
Plotter
: Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
·
Computer
Output Microfilm (COM)
II.
SOFTWARE
Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu
:
A.
Perangkat Lunak Sistem
·
Perangkat
lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai
computer.
·
Ada
tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
§
Sistem
Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang
memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan
perangkat lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk
beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan pemakaian
§
Program
Utility, suatu routine yang
memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu
yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
§
Penerjemah
Bahasa Komputer
-
Bahasa
Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
-
Bahasa
Generasi Kedua, Assembler
-
Bahasa
Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
-
Bahasa
Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai
menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di
Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database Query Language
2. Modelling Language, khusus dirancang untuk
pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3. Very High Level Language : PASCAL, APL
4. Graph Generators : paket grafik
5. Report Writer : COBOL, RPG
6. Aplication Generators : program aplikasi
pembayaran gaji
B.
Perangkat Lunak Aplikasi
1.
Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi
untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi
kebutuhan unit perusahaan.
2.
Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
§
Paket
Aplikasi Bisnis Umum
§
Paket
Aplikasi Khusus Industri
§
Paket
Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
§
Paket
Peningkatan Produktivitas Perorangan
III. PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA
SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat
berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya
saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat
input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat
keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para
manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan
menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.
KESIMPULAN
Ternyata di dalam komputer terdapat sebuah
komponen – komponen yang semunya berintegrasi / saling bekerja sama dan
membuat suatu sistem pemrosesan. Keseluruhan komponen perangkat input, output
dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan
masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang
lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar