Selasa, 06 Maret 2012

Kewajiban Warga Negara Indonesia

Sebagai warga negara indonesia yang baik kita harus melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang warga negara. Sebelum membahas tentang kewajiban warga indonesia, kita akan membahas mengenai pengertian dari kewajiban itu sendiri. Kewajiban adalah pembatasan atau beban yang timbul karena hubungan dengan sesama atau dengan negara, dalam hal ini kita dituntut untuk melakukan sesuatu yang memang harus kita lakukan untuk negara. Berikut adalah kewajiban warga negara Indonesia.

·      Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh.

·      Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda). Sebagai contoh: seorang warga negara yang memiliki rumah harus membayarkan PBB, atau seorang warga negara yang memiliki harta seperti kendaraan motor juga wajib membayar pajak.

·   Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya. 

·   Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia. Sebagai contoh: tidak merokok di sembarang tempat karena dalam hal ini pemerintah telah mengeluarkan UU tentang larangan merokok, dan jika kita melanggarnya maka wajib kena hukuman.

·  Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara

·   Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain. Contohnya adalah seorang majikan yang memperlakukan pembantunya dengan baik.

            Itulah contoh kewajiban warga Negara Indonesia yang harus kita laksanakan dengan sebaik-baiknya agar tujuan Negara kita bisa berjalan dengan baik pula sesuai perkembangan jaman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar